Cuan Sehat dengan 7 Ide Bisnis Olahan Tempe

By. Eka Sari - 18 Oct 2023

Bagikan:
img

anekarasa.co.id - Semua masyarakat Indonesia pasti kenal dengan tempe, makanan yang mengandung protein nabati yang nikmat sekali. Olahan tempe kini telah menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang kini dikenal banyak orang. 

Jika kamu memiliki modal terbatas tetapi ingin memulai bisnis, kamu bisa mencoba peluang bisnis produk olahan tempe. Selain modal yang minim, bisnis ini juga relatif mudah dijalankan. Hal ini disebabkan konsumsi tempe yang menjadi keseharian sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan target pasar yang luas, tempe berpotensi menghasilkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan bisnis ini. Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis tempe, kamu bisa mencoba ide bisnis berikut ini:

Baca juga: 10 Ide Bisnis Street Food Ala Korea dari Olahan Kedelai

1. Tempe Mendoan dengan Topping Kekinian

Ide bisnis selanjutnya adalah tempe mendoan. Tempe yang dilapisi tepung bumbu dan digoreng ini sangat populer. Untuk menjaga cita rasa, buatlah tempe mendoan saat tamu datang agar bisa dinikmati selagi masih hangat. Kamu juga bisa menambahkan topping yang sedang tren untuk menarik pelanggan, seperti menambahkan keju atau topping lainnya untuk menambah cita rasa yang nikmat.

2. Keripik Tempe

Tempe tidak hanya bisa dijadikan lauk, tapi juga bisa dijadikan camilan. Salah satu makanan tempe yang paling populer adalah keripik tempe. Rasanya yang lezat dan renyah membuat banyak orang ketagihan. Jika Anda ingin membuat keripik tempe sendiri untuk dijual, pastikan untuk menggorengnya hingga kering agar tahan lama. Simpan dalam wadah kedap udara agar keripik tetap renyah. Untuk variasinya, Anda bisa menjual keripik tempe dengan berbagai varian rasa seperti Original/Pedas, Pedas, dan Manis Pedas.

3. Nugget Tempe

Selain daging sapi atau ayam, tempe kini bisa dibuat menjadi potongan-potongan. Olahan tempe ini bisa menjadi alternatif bagi yang tidak menggunakan protein hewani. Rasanya masih enak. Para ibu rumah tangga pun menginginkan nugget tempe sebagai lauk untuk anaknya. Saat memilih nugget tempe untuk dijual, perhatikan kemasan dan penyimpanannya agar pelanggan dapat menikmatinya dalam keadaan segar. 

Baca juga: Peluang Usaha: Olahan Kedelai Hitam yang Kaya Nutrisi

4. Burger Tempe

Hamburger adalah salah satu makanan cepat saji yang disukai semua orang. Selain menggunakan daging sapi dan ayam sebagai isiannya, kamu juga bisa menggantinya dengan tempe. Burger tempe sangat cocok untuk vegetarian dan tentunya belum banyak yang produksi burger tempe ini.

5. Steak Tempe

Tempe merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia dan jenis olahan tempe sangat populer, salah satunya adalah steak tempe. Selain daging ayam dan sapi, kini kamu juga bisa membuat steak tempe. Olahan tempe ini bisa menjadi alternatif bagi yang tidak menggunakan protein hewani. Rasanya masih enak dan tentunya bisa mengahasilkan pundi-pundi cuan karena belm banyak yang membuat bisnis dengan olahan ini.

6. Bakso Tempe

Bakso merupakan makanan yang terkenal di Indonesia. Namun biasanya bakso terbuat dari daging ayam, sapi atau babi, sehingga seorang vegetarian hanya bisa melihat orang makan bakso dengan antusias dan membayangkan nikmatnya makan bakso. Namun kini ada alternatif sehat dan enak untuk vegetarian yaitu bakso tempe.

Bakso tempe merupakan kreasi masakan tempe yang baru, berbeda dengan bakso kebanyakan. Tempe yang diolah dengan cara ini dicampur dengan bahan lain menjadi bola-bola kecil, kemudian dimasak dengan kuah kaldu. Terbukti kaya akan protein, serat, vitamin dan mineral, tempe bisa menjadi alternatif pengganti protein hewani, terutama bagi vegetarian yang tidak mengonsumsi daging.

7. Sushi Tempe 

Baca juga: Tren Makanan Pedas, Intip Peluang Usaha dari Cabai

Ternyata sushi tidak selalu harus berupa salmon. Tempe juga bisa dijadikan isian sushi yang pastinya lebih cocok dengan selera orang Indonesia.

Nah, itu tadi 7 ide bisnis olahan berbahan dasar tempe. Dari salah satu diatas apakah kamu tertarik untuk mencobanya?




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp