Ide Peluang Bisnis Olahan Beras Khas Indonesia Yang Paling Enak, Rasanya Gurih Banget

By. Eka Sari - 12 Oct 2023

Bagikan:
img

anekarasa.co.id - Indonesia dikenal kaya akan ragam makanan yang menggugah selera. Satu bahan masakan bisa diubah menjadi beragam makanan. Contohnya beras. Beras tak hanya bisa diolah menjadi nasi, tapi juga menjadi berbagai kudapan yang gak kalah mengenyangkan. Kamu pastinya gak asing sama yang namanya ketupat, lontong, buras atau arem-arem.

Baca juga: Melirik Peluang Usaha Olahan Makanan Berbahan Dasar Beras Basmati

Sebagai pencinta kuliner Indonesia, wajib banget cobain macam-macam olahan beras yang paling enak. Ada apa saja ya kira-kira? Inilah beberapa olahan beras khas Indonesia yang bisa dijadikan ide untuk jualan, nambah uang jajan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa diolah dari beras:

1. Lontong

Makanan yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun pisang dan direbus dalam waktu lama. Lontong biasanya disajikan sebagai pengganti nasi atau sebagai bahan dasar untuk hidangan lain seperti opor ayam dan sate

2. Lapet/Lepet

Makanan khas dari Batak yang terbuat dari beras ketan dan berbentuk limas yang dibungkus oleh daun pisang. Lapet biasanya dicampur dengan parutan kelapa muda yang membuatnya terasa manis.

3. Ketupat

Makanan yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun kelapa dan direbus dalam waktu lama. Ketupat biasanya disajikan sebagai pengganti nasi atau sebagai bahan dasar untuk hidangan lain seperti sayur lodeh dan opor ayam.

Baca juga: Untung Besar Dengan Bisnis Olahan Daun Pepaya

4. Buras

Makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan dan gula kelapa, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Buras biasanya disajikan sebagai hidangan penutup.

5. Arem-arem

Makanan yang terbuat dari beras yang dicampur dengan sayuran dan daging, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Arem-arem biasanya disajikan sebagai makanan ringan.

6. Lemper

Makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan daging ayam atau ikan, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Lemper biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau sebagai hidangan penutup.

7. Bakcang

Makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan daging babi, jamur, dan bahan-bahan lainnya, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Bakcang biasanya disajikan sebagai hidangan utama.

Baca juga: Beras Merah: Tips dan Trik Memulai Bisnis Olahan Makanan

Dari beberapa jenis makanan di atas, terlihat bahwa beras dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan yang berbeda-beda, baik sebagai hidangan utama, makanan ringan, atau hidangan penutup.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp