Mesin-Mesin Produksi Saus Sambal

 Oleh; Roy Anggoro, 23 September 2020 
 Halo Sobat KECE, 

Tentunya Sobat KECE sudah tidak asing lagi dengan produk bernama saus sambal. “Cocolan” yang biasa dikonsumsi berbagai kalangan sambil menikmati snack, ayam goreng, atau cemilan lain bahkan pelengkap hidangan makan sehari-hari. Biasanya juga saus sambal digemari para pecinta kuliner bakso ataupun mie, untuk campuran kuah di menu kesukaan masing-masing.

Dalam proses pembuatan saus sambal yang higienis dalam skala pabrik, umumnya menggunakan peralatan otomatis di beberapa tahapan prosesnya.

Secara umum, mesin-mesin yang dipakan dalam produksi saus sambal adalah;   

1. Mesin Mixing
Mesin mixing adalah mesin yang digunakan untuk mencampur bahan-bahan baku yang dipakai dalam produksi saus sambal menjadi adonan saus atau pasta. Umumnya mesin ini terdiri dari mixer, alat pengaduk dan bejana yang dijadikan 1 unit dengan cara kerjanya pengadukan menggunakan putaran 1 arah pada kecepatan tertentu untuk mendapatkan adonan yang homogen.

2. Mesin Cooking
Mesin cooking adalah mesin yang digunakan untuk memanaskan adonan saus sambal yang sudah homogen. Umumnya pemasakan adonan ini juga membutuhkan agitasi (putaran) untuk sebagai perata suhu dan adonan saus sehingga pemanasan merata dan adononan tetap homogen.

3. Mesin Cooling
Mesin cooling adalah mesin yang dipakai untuk menurunkan suhu pasta yang sudah dimasak pada proses sebelumnya. Mesin ini diaplikasikan bukan hanya untuk menurunkan suhu pasta saja. Penurunan suhu pasta sebelum pasta saus diteruskan ke proses pengisian juga bertujuan untuk menstabilkan kekentalan pasta.

4. Mesin Filling
Mesin filling adalah mesin yang digunakan untuk mengisi pasta saus ke dalam wadah yang akan dipakai oleh produk akhir.
Umumnya wadah atau kemasan yang dipakai adalah botol kaca, alufo maupun kemasan plastik bag dan botol dengan jenis bahan plastik yang aman untuk produk saus.

5. Mesin Packing
Setelah produk saus dikemas ke dalam wadah kemasan yang diinginkan, biasanya produk tersebut dikumpulkan menjadi 1 unit kesatuan menggunakan plastik shrinked, karton box maupun krat kayu.
Tujuan dari pengemasan ini adalah untuk menghindari kontak dengan hama, mempermudah penyimpanan dan perlakukan saat pengiriman.

Dalam aplikasi produksi, mesin-mesin tersebut disusun menjadi 1 lini produksi yang terintegrasi supaya proses produksi berjalan baik dan efisien.

Melalui proses di masing-masing mesin ini, dimaksud untuk minimalisir potensi kontaminasi dan benda asing selama proses berlangsung.
Hal ini menjadi bertujuan untuk mendapatkan produk saus sambal yang lebih higienis, aman dan proses produksinya efisien. 

Berikutnya akan kita bahas lebih lanjut tentang spesifikasi dan cara kerja masing-masing mesin tersebut.

Untuk informasi – informasi lain seputar produksi saus sambal yang baik akan disampaikan lain waktu, silakan untuk menghubungi kami untuk pertanyaan lebih lanjut.

So, stay tune terus di sini Sobat KECE.   
 
  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *